Sharia Business Process : Business with Religious

Sharia, a word which was very famous nowadays. a lot of the banking businesses flourish with the name “Sharia” in it along with the increasing public interest against sharia-based products. to complement the previous post, on this occasion I will share what it is the business processes of sharia. may be useful ~

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Syariah adalah hukum agama yg menetapkan peraturan hidup manusia, hubungan manusia dengan Allah Swt. (Habluminallah), hubungan manusia dengan manusia (Habluminannas) dan alam sekitar berdasarkan Alquran dan hadis.

Dalam era globalisasi, liberalisasi tumbuh di banyak negara. Pada pasar bebas itu, ternyata produk-produk berbau agama (dalam hal ini Islam) masih diminati. Karena nyatanya, saat ini produk-produk berbasis syariah sangat laris dipasaran. Bahkan di negara-negara non islam sekalipun.

Salah satu produk syariah adalah dalam kegiatan bisnis terdapat perbankan syariah, perdagangan, wirausaha, dan lainnya. Lalu dalam postingan ini akan dibahas mengenai apa itu bisnis proses syariah.

Bisnis proses syariah merupakan kegiatan pelaksanaan empat elemen bisnis yang berupa aktifitas, SDM, fasilitas, dan informasi yang berdasarkan pada Al-Qur’an dan hadist. alasan mengapa bisnis proses harus berdasarkan pada sistem syariah tidak lain karena berbisnis merupakan hal penting yang tentu akan dilakukan oleh setiap individu untuk mencari rezeki. Dalam Hadist Riwayat Ahmad disebutkan, “Handaknya kamu berdagang, karena didalamnya terdapat 90% pintu rezeki” oleh karena itulah, pentingnya melakukan proses bisnis yang berdasarkan syariah agar hasil yang didapatpun menjadi lebih barakah.

bs

Hal yang membuat bisnis proses syariah berbeda dengan bisnis proses pada umumnya terletak pada beberapa hal yang tidak dilakukan dalam pelaksanaan bisnis proses lainnya seperti :

– Tidak ada unsur zalim, dalam hal ini zalim antara lain dapat berupa riba yang berarti bunga uang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dengan kata lain, riba adalah penambahan pada pokok utang yang dipersyaratkan di awal. Zalim bentuk lain selain riba adalah penipuan, seperti menutupi kekurangan yang terdapat pada produk yang dijual, mengurangi jumlah produk yang dijual, dan lainnya yang dapat merugikan orang lain.

[83:1] Kecelakaan besarlah bagi orang-orang yang curang1562,

– Halal, atau diizinkan dalam syariat merupakan hal lain yang menjadi pembeda antara bisnis proses syariah dengan yang lain. Halal dalam hal ini dalam berbagai pelaksanaan bisnis proses, baik dalam produk yang dijual, lokasi tempat dimana produk akan dipasarkan, dan hal-hal terkait

– Aman, dalam berbagai hal diantaranya tidak ada spekulasi atau judi maupun gharar atau berbisnis dengan menerka-nerka, seperti membeli kucing dalam karung.Spekulasi sendiri tidak dianjurkan karena akan berdampak pada kegiatan perekonomian yang menjadi tidak stabil karenanya, sehingga syariah tidak mengizinkan adanya spekulasi dalam kegiatan bisnis proses. Sedangkan gharar merupakan kegiatan yang terkesan seperti untung-untungan, dan tentu saja tidak akan menghasilkan win-win solution untuk keduabelah pihak yang terkait.

Dari ketiga hal yang sudah disebutkan, membuat bisnis proses syariah menjadi semakin diminati oleh banyak penduduk dari berbagai negara. Dapat dibuktikan dengan penyataan London yang dengan gamblang menyatakan ingin menjadi pusat keuangan syariah dunia (Islamic Finance hub) karena efek yang diberikan oleh bisnis syariah cukup besar, diantaranya bisnis proses syariah dapat membendung krisis moneter.

Sebagai contoh adalah Krisis global 2008 di Amerika merupakan kesalahan besar yang terjadi karena tidak melaksanakan prinsip-prinsip bisnis proses syariah. dalam http://www.indonesiarecovery.com disebutkan bahwa Krisis Global Berawal dari permasalahan kegagalan pembayaran kredit perumahan (subprime mortgage default) diAmerika Serikat (AS), krisis kemudian menggelembung merusak sistem perbankan bukan hanya di AS namun meluas hingga ke Eropa lalu ke Asia. Secara beruntun menyebabkan effect domino terhadap solvabilitas dan likuiditas lembaga-lembaga keuangan di negara negara tersebut, yang antara lain menyebabkan kebangkrutan ratusan bank, perusahaan sekuritas, reksadana, dana pensiun dan asuransi. Diikuti dengan keputusan FED dengan menetapkan suku bunga rendah mendekati nol sudah mendorong spekulasi besar-besaran yang menyebabkan Amerika berhutang sampai dengan 8.98 triliyun dollar Amerika.

Sedangkan bank Muamalat, salah satu bank yang menerapkan bisnis proses syariah dapat terus kuat bertahan terhadap krisis 1998 sampai saat ini. Untuk itu sebaik-baiknya kegiatan yang kita lakukan didunia adalah yang berdasar pada Al-Qur’an dan Hadist. Karena keduanya adalah bekal yang Tuhan berikan untuk umat masa ini.

The best business is blessed by God

Categories: homework | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Sharia Business Process : Business with Religious

  1. Saran aja, alangkah lebih baik kalo setiap post di blog ini dimasukan ke kategori sehingga orang yang melihat dapat memilih melihat post dari kategori yang dia inginkan tidak random seperti yang di halaman depan :)

  2. oke thanks vaaal, nanti dicoba :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: