Halo Nepotisme!

“Politics is the art of looking for trouble, finding it everywhere, diagnosing it incorrectly and applying the wrong remedies.”
Groucho Marx

Halo nepotisme, yang sudah mulai merambah kedunia pendidikan. Kuliah di universitas yang memiliki tingkat politik tinggi itu seru loh! Bagaimana tidak, disini saya bisa lihat dan merasakan langsung hal-hal yang cukup menggelikan, hanya untuk sebuah kekuasaan.

Bagaimana sebuah partai rela mengeluarkan uang agar kandidatnya menang, bagaimana masing-masing kubu membuat strategi untuk saling menjatuhkan satu sama lain, dan hal bajingan lainnya.

Sejujurnya saya sama sekali tidak berminat dengan perpolitikan dikampus, tetapi ketika sudah menjadi bagian dari salah satunya, merupakan kewajiban untuk membantu dan saling menguatkan bukan?

Saya juga bukan pecundang yang menutup-nutupi warna demi sterilisasi nama. Lucu kalian yang all out membela warna kalian, tapi tidak mau mengakui bahwa kalian bagian dari mereka. Untuk apa? Pencitraan? Atau karena memang kalian tidak cukup bangga menjadi bagian dari warna kalian? Ah, entahlah.

Dan mengenai nepotisme yang sebenarnya ingin saya bahas. Ini hal lucu, lucu sekali karena seekstrim itu penguasa benar-benar ingin menjaga kekuasaannya. Membuka perekrutan dewan mahasiswa dan senat untuk seluruh mahasiswa. Tapi kenyataannya, untuk pelamar yang berasal dari warna yang tidak sama, tidak diberi kesempatan sama sekali. Tidak sesuai dengan kriteria? Ah, alasan klasik. Karena yang lebih menggelitik, mereka justru menawarkan posisi pada orang yang tidak melamar posisi dalam sema maupun dema. Tanpa tes, tanpa wawancara, bahkan tanpa mendaftar. Rekrutmen macam apa itu? Lelang? Teman, kalian lucu. Setakut itukah kalian dengan bagian-bagian kecil dari kami? Seresah itukah kalian takut kehilangan kekuasaan?

Nah, ini menjadi jawaban tersendiri bagi saya. bahwa segala ketidakberesan negeri ini, berasal dari tingkat-tingkat yang lebih kecil macam ini. kepentingan golongan akan selalu ada diatas kepentingan umum.

Untitled

“In politics, stupidity is not a handicap.”
Napoleon Bonaparte

Categories: letShare | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: