Mudik!

Say hello to my village, GUNUNG KIDUL!

Kenapa namanya Gunung Kidul? Karena daerah ini berada dikawasan pegunungan, di selatan Jogja. That’s why disebut Gunung Kidul.

Kampung halaman tempat dimana nyokap beserta mbah gue berasal ini kece banget loh. Karena posisinya di tengah-tengah pegunungan, jadi udara disini dingin banget. Tapi, posisinya yang berada dipaling ujung selatan pulau Jawa ini juga bikin daerah ini deket sama pantai. Jadi ketika mudik, gue bisa dapet dua nikmat Tuhan yang subhanallah banget.

Selama mudik, biasanya gue tinggal dirumah buyut gue yang udah almahrum di umurnya yang lebih dari 100tahun. Rumahnya sederhana, ga besar, tapi  tenang, dan khas banget desanya. Masih masak pake tungku dengan bahan bakar kayu, kamar mandi dan toilet yang terpisah jauh (toilet didepan rumah, kamar mandi dibelakang rumah), harus nimba di sumur dulu, ataupun menampung air hujan dibak-bak besar karena Gunung Kidul ini termasuk daerah krisis air. Bahkan ga jarang harus beli air bersih dan ditampung di tron-tron besar yang ada didepan rumah.

tes

tampak depan

tungku

kayu

singkong

tpt air

bak

sumur

wc

Orang yang belum pernah kesini, pasti akan merasa seperti di dunia lain, sejenis ethnic runaway yang jauh dari kehidupan normal perkotaan. yang bahkan untuk sekedar poo* aja, lo harus nimba dulu dan angkat-angkat air sampe toilet yang ada didepan rumah, apalagi untuk dapet sinyal. susah! 

Tapi ga perlu punya sinyal untuk aktifin gadget disini. Karena selama disini, lo akan dijamu sama orang-orang sekitar yang baiknya kebangetan. Masyarakat asli sangat welcome dengan orang baru, jawi sekali.

Walaupun dengan kondisi susah air, susah beras, dan berbagai kesulitan lainnya, warga-warga didesa ini tetap terlihat bahagia dengan kesederhanaannya. mereka menikmati setiap waktunya dengan bersyukur. menyenangkan sekali :)

Pulang kampung itu, memulangkan hati gue untuk kembali bersyukur dan lebih menikmati hidup.

Tuhan, jaga Gunung Kidul dengan segala keindahan alam serta keramahan masyarakatnya tetap lestari. Tetap Handayani, seperti slogan yang mereka banggakan. aamiin.

Categories: letShare | Tags: , , , , | 4 Comments

Post navigation

4 thoughts on “Mudik!

  1. mysukmana

    wah tempatny keliatan masih ndeso banget ya mbak tapi sejuk dan keliatan alami. salam kenal mbak:)

  2. Fenni Sufiyanti

    awlnya iseng2 nyari foto Gunungkidul , ehhh kok nemu kayak jalan depan rumahnya mbok nom , dan ternyata benar .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: