SPG. (lagi)

Hard work spotlights the character of people: some turn up their sleeves, some turn up their noses, and some don’t turn up at all.

Entah kali keberapa jadi SPG lagi. Kali ini hanya untuk weekend, jumat, sabtu, dan minggu. Dan masih di agency yang sama, Arina yang kantornya ada di ujung Rawa Sari sana. Jauh sekali dari ciputat. Butuh banyak waktu dan biaya untuk sampai kesana, ah hidup..

Kali ini gue jaga bareng salah satu temen SMA yang masih satu kampus tapi beda jurusan. Well, dia partner yang baik, banyak membantu, dan ga banyak ngeluh.

Produk yang gue pegang adalah Hemaviton dari PT. Tempo Scan Pacifik Tbk. Hal yang baru, kalo biasanya gue hanya selling, kali ini gue juga harus sampling. Yup, sampling seru-seru aja kok. Kasih minum ke orang dan gratis, menyenangkan bukan? Ah, tapi ga semudah itu teman. Karena nyatanya, banyak orang yang udah parno duluan sama minuman-minuman berenergi sejenis hemaviton jreng-jreng-jreng ini. padahal hemaviton ini sendiri punya beberapa produk lain, C1000 salah satunya. Minuman bervitamin, yang ternyata masih tetap ada beberapa orang yang takut karena gulanya yang tinggi.

Image

Image

Hal lain yang kurang menyenangkan, adalah tidak ada booth untuk event ini. super hallo! Event, sampling, dengan banyak produk sampling (5 karton minuman kaleng, botol, dan ±150 sachet yang harus di racik. Kurang lebih ada 5000 cup yang harus dihabiskan kalo ikutin prosedur yang benar), belum lagi dengan hadiah-hadiah lucky dip semacam payung, gelas, tas, dan teman-temannya itu. Untuk pekerjaan serempong, dan sekuli itu tidak ada booth. You guys, kidding me!

Untungnya, alhamdulillah di weekend itu banyak anak-anak event sampling lain dengan booth. Jadi selain bisa kenyang saling icip-icip sampling yang lain (biskuit, susu, soto, sosis, baso, cokelat, dan lain-lain) gue juga bisa nitip barang-barang properti gue di booth mereka. Menyebar.. menyebar..

Oh ya, gue lupa bilang kalo untuk event ini gue jaga di Giant Bintaro. Pengalaman baru lagi, karena biasanya jaga di Carrefour. Hihi. Giant ini cukup nyaman untuk SPG event. Gak ada Store Manager yang rese (exc satu orang bapak botak), at least ga ada yang atur-atur masalah jadwal istirahat. Untuk masalah keamanan juga ga seketat di Carrefour, dimana ketika mau keluar dari store untuk solat, toilet, atau istirahat harus diperiksa seluruh tubuh, kalau di Giant hanya akan di periksa jika memang sudah benar-benar mau keluar dari area Giant. Dan untuk kebersihan Gudang, jauh! Giant lebih tertata dengan baik.

Beberapa yang kurang sih, ada intel-intel yang suka ngawasin. CCTV kedua lah. Jadi harus hati-hati banget kalau mau icip-icip sampling, apalagi ngeluarin hadiah. Dihari terakhir event, gue sama Hani sampe harus diikutin intel dan dua orang satpam karena ngasih hadiah too much ke orang. Kepo abis!

Dan satu lagi yang paling parah, Giant Bintaro sering mempekerjakan SPG event OVERTIME! Pak, Bu, SPG event itu dibayar sama PT yang hire kita, bukan pihak Giant. Tapi kenapa kalo udah jam pulang, kita ditahan pulang dan disuruh bantu untu passing ataupun pasang barang, bahkan kadang harus jadi asistennya kasir atau bantu-bantu di penitipan barang. Super iyuh! SPG event ga dibayar untuk itu. Gimana sih perasaan lo, yang udah capek-capek diri 8 jam, nunggu-nunggu jam 9 malem tiba, tapi pas udah jam 9 lo malah dilarang pulang, masih dipekerjakan, dan ga dapet uang lembur sama sekali.

Kalo kurang karyawan, ya rekrut atuh pak, bu. Jangan oportunis pekerjain orang yang tidak kalian gaji. Noted it!

Eh iya, diluar semua itu, gue seneng loh karena event kemaren itu dapet banyak temen baru. Ada anak Psikologi UIN, Tarbiayah UIN, dan lima orang lain anak Budi Luhur. Ah, kalian mahasiswi-mahasiswi pekerja keras :’)

Selain itu juga ketemu sama salah satu pemilik Hero Bintaro Plaza. Pak Cipto namanya. Baik sekali. 15 menit gue sama Hani ngobrol tentang dunia retail sama dia, bahkan dikenalin juga sama anaknya yang lagi-lagi anak UIN. Anak FEB, semester 6 yang KKN nya di Cariu. Ah, hidup ini terlalu banyak kebetulan!

Senang sedih selama event kemaren itu, bener-bener udah jadi pengalaman berharga buat gue. Sekali lagi, kerja-kerja kaya gini itu bukan hanya tentang uang, tapi juga tentang pengalaman yang ga akan terbeli. Ga usah malu kerja jadi apapun itu, as long as ga ngerugiin orang lain dan halal, why not? Keep productive!

“Without ambition one starts nothing. Without work one finishes nothing. The prize will not be sent to you. You have to win it.” ― Ralph Waldo Emerson

Categories: letShare | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: