Mengenal Rupiah

Kapan terakhir kali anda memerhatikan uang yang sehari-hari anda gunakan demi menyambung hidup? Bagaimana warna, tekstur, gambar, hingga kejutan-kejutan kecil yang dapat ditemui ketika anda benar-benar mengamati rupiah.

Setiap rupiah yang anda miliki, dimulai dari pecahan terkecil 100 rupiah hingga 100.000 rupiah memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Jika sekilas mata anda akan menemukan gambar para pahlawan dengan nilai rupiah disalah satu sisi, dan gambar adat maupun budaya khas Indonesia tetap dengan nilai besaran rupiah di sisi lain, ternyata rupiah tidak sesederhana itu.

Mari perhatikan pecahan 2000 rupiah sebagai contoh. Pada uang berwarna abu-abu dengan beberapa siluet berwarna emas ini, anda akan menemukan Pangeran Antasari dengan kopiah kain serta baju kap tradisional khas daerah asalnya, Kalimantan. Namun ada hal menarik yang mencuri perhatian di bagian kanan kepala sang Pangeran, yaitu batik khas Dayak yang diam-diam muncul. Tidak sampai disitu, jika anda memerhatikan lagi dengan seksama, anda akan menemukan guratan bertuliskan “BI” dengan cetak tebal namun tersamar. Indah sekali.

Jika anda ingin lebih berusaha, anda akan menemukan tulisan “Bank Indonesia” dengan ukuran yang sangat kecil di bagian 2000, serta di ombak yang berada di atas serta bawah tanda air berada, dan pada bagian garis pipa tepat dibawah tulisan DUA RIBU RUPIAH dibagian kiri bawah mata uang. Anda juga dapat menemukan tulisan “DUARIBURUPIAH” tanpa spasil jika memerhatikan bagian seelah kiri dari kepala Pangerang Antasari, tempat dimana terdapat ukiran indah dengan bentuk seperti tameng.

Lalu mari membalik uang 2000 rupiah ini ke arah lainnya. Dibagian ini terdapat enam orang wanita dengan atribut lengkap mulai baju, ikat kepala dengan bulu, hingga tongkat yang sedang menari tarian adat Dayak. Sama halnya dengan bagian sebelumnya, pada bagian ini anda akan tercengang dengan detail dari setiap goresan yang tergambar di pecahan 2000 rupiah ini.

Keindahan rupiah juga tidak hanya timbul dari tiap gambar yang terpapar, namun juga dari teksturnya yang dapat membantu tuna netra untuk dapat mengenali nilai rupiah itu sendiri.

Rupiah sudah didesain dan dibentuk dengan sangat apik, hingga setiap orang dapat mengenali dan dapat menganggumi keindahan serta keberagaman Indonesia dengan cara-cara sesederhana memegang rupiah. Selain itu juga terdapat filosofi lain, dimana kita sebagai penerus bangsa harus menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa dengan mudah. Semudah menggunakan rupiah di negeri kita tercinta.

Categories: letShare | Tags: , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: