GenSINDO – Journalism For Young Generation

Journalism will kill you, but it will keep you alive while you are at it. –horace greely

Pernah dengar kalimat, dunia dikuasai oleh mereka yang menguasai informasi? Menguasai informasi dalam konteks ini tentu bukan mereka yang setia membaca dan memperbaharui pengetahuannya dengan berbagai sumber indormasi. Melainkan mereka yang membuat dan menciptakan informasi tersebut.

Bukan hal baru jika saat ini kebanyakan media dipimpin oleh orang-orang tertentu dengan berbagai kepentingan. Kepentingan yang dapat dengan mudah diekspose, setelah sebelumnya di racik agar menguntungkan pihak terkait.

Untuk itu, diperlukan suatu wadah untuk anak muda yang notabene agen perubahan yang masih memiliki sikap idealisme tinggi untuk dapat menyampaikan suara mereka sebagai bentuk aktualisasi diri sekaligus mengasah kepekaan terhadap isu yang sedang terjadi di masyarakat.

Generasi Seputar Indonesia atau biasa disebut GenSINDO, bekerjasama dengan Bank Indonesia serta PT. Indofood mengadakan sebuah pelatihan Jurnalistik dengan tajuk GenSINDO Journalism CampJournalism For Young Generation sebagai bentuk apresiasi ketiga perusahaan dari beragam bidang ini untuk pemuda Indonesia.

Sebanyak 50 orang peserta hadir dan mengikuti rangkaian acara yang berlangsung di Wisma Indofood Cibodas, Jawa Barat. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2015 ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, diantaranya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Diponogoro Semarang, Universitas Indonesia, serta Generasi Baru Indonesia yang merupakan komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia

Cibodas - Kebersamaan peserta GenSINDO Jurnalism Camp yang berasal dari berbagai perguruan tinggi

Cibodas 15/08 – Kebersamaan peserta GenSINDO Journalism Camp yang berasal dari berbagai perguruan tinggi

Selama tiga hari, para peserta GenSINDO Jurnalism Camp ini diberi arahan mengenai teknik-teknik dasar yang dibutuhkan oleh seorang jurnalis. Cara mencari berita, menggali informasi dari narasumber, memilih angle dan waktu yang tepat untuk mengambil gambar untuk foto berita, hingga cara menulis berita yang baik. Seluruh arahan tersebut diberikan langsung oleh para wartawan senior Koran Sindo.

GenSINDO Jurnalism Camp ini juga diisi oleh perwakilan dari Bank Indonesia yang menjelaskan mengenai tugas Bank Indonesia sebagai bank sentral serta penggunaan rupiah di Indonesia saat ini. Selain itu, Indofood sebagai perusahaan pangan terbesar di Indonesia juga turut mengirimkan perwakilannya untuk menjelaskan mengenai produk-produk serta kegiatan Indofood yang berhubungan dengan mahasiswa.

Dengan adanya kegiatan ini, peserta diharapkan dapat menyampaikan informasi mengenai berbagai isu dari beragam sektor yang sedang terjadi di Indonesia dengan kondisi yang sebenar-benarnya dan dengan penulisan jurnalistik yang baik, namun tetap mudah di cerna oleh masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk anak muda.

We don’t go into journalism to be popular. It is our job to seek the truth and put constant pressure on our leader until we get answer. – Helen Thomas

Categories: letShare | Tags: , , , , , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: